Rabu, Oktober 27, 2010 Mengubah Partisi FAT32 Menjadi NTFS (Win)

Bagaimana mengubah partisi FAT32 menjadi NTFS (pada windows) tanpa menggunakan aplikasi ‘partition magic’?

Windows XP mendukung dua sistem berkas disk: sistem berkas Tabel Alokasi Berkas (FAT) dan sistem berkas NTFS. Artikel ini menjelaskan cara mengubah partisi FAT ke p artisi NTFS dan membahas pertimbangan yang harus diperhatikan.

Windows XP meliputi utilitas Convert.exe untu k mengubah partisi FAT ke partisi NTFS. Convert.exe mudah digunakan, tetapi ada beberapa batasn yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan utilitas.

Anda harus mempertimbangka n batasan berikut sebelum Anda me ngubah partisi FAT ke NTFS:


* Pengubahan adalah proses satu cara. Setelah Anda mengubah partisi menjadi NTFS, Anda tidak dapat mengubah partisi kembali ke FAT. Untuk mengembalikan partisi sebagai partisi FAT, partisi akan harus diformat ulang sebagai FAT yang dapat menghapus semua data dari partisi. Data kemudian akan disimpan dari cadangan.
* Menghapus Windows XP untuk mengembalikan ke Windows 98 atau ke Windows Millennium Edition (Me) bukan merupakan opsi setelah Anda mengubah pengandar mana pun menjadi NTFS di komputer.
* Anda tidak dapat mengubah partisi sistem komputer berbasis RISC ke NTFS. Spesifikasi ARC mengharuskan partisi sistem menjadi FAT. Dimungkinkan untuk membuat partisi FAT berukuran kecil (1-megabyte) untuk partisi sistem, kemudian menginstal Windows di partisi NTFS (partisi boot).
* Convert.exe mengharuskan adanya jumlah ruang bebas khusus pada pengadar untuk mengubah sistem berkas.Untuk informasi tambahan tentang jumlah ruang bebas yang diperlukan untuk pengubahan, klik nomor artikel di bawah ini untuk melihat artikel di Basis Pengetahuan Microsoft:

CATATAN: Meskipun terdapat sedikit kesempatan terhadap kerusakan atau kehilangan data selama pengubahan dari FAT ke NTFS, sebaiknya dijalankan cadangan data penuh di pengandar yang harus diubah sebelum Anda menjalankan perintah ubah. Sebelum Anda melanjutkan, sebaiknya diverifikasikan integritas cadangannya.

Untuk mengubah partisi FAT menjadi NTFS, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik Mulai menjalankan, klik Jalankan, ketik cmd, kemudian klik OK.
2. Pada prompt perintah, ketik UBAH hurufkandar: /FS:NTFS.
3. Convert.exe berusaha mengubah partisi menjadi NTFS.

Ketika Ubah sedang berjalan, Anda akan menerima pesan galat berikut:

Ubah tidak dapat memperoleh akses eksklusif ke hurufkandar:, sehingga sekarang tidak dapat mengubahnya. Akankah Anda membuat jawdal untuk diubah di lain waktu sistem restart (Y/T)?

Anda menerima pesan galat ini berdasarkan tiga kondisi di bawah ini:

* Apabila Anda menjalankan perintah UBAH saat direktori aktif berada di pengandar yang akan diubah (misal, apabila Anda mengetik CONVERT F: /FS:NTFS di prompt F:\> ).Untuk mengatasinya, klik Ya di pesan galat, kemudian restart komputer atau ubah ke direktori di pengandar yang lain dan ketik kembali perintah.

* Apabila program memiliki berkas terbuka di pengandar yang akan diubah.Untuk menyelesaikannya, klik Ya pada pesan galat dan biarkan pengandar diubah lain waktu konputer di-restart, atau tutup program mana pun yang mungkin menggunakan berkas di pengandar. Ingatlah bahwa hal ini juga berlaku bagi pengguna yang menghubungkan ke berkas pada jaringan dan berkas halaman yang terletak di pengandar.

* Apabila Anda berusaha mengubah partisi dari sistem pengoperasian yang sedang berjalan.Tidak mungkin mengubah partisi boot saat sistem operasi berjalan. Untuk mengubah partisi boot, menjalankan perintah CONVERT selalu diperlukan, klik Ya di pesan galat, kemudian restart komputer. Partisi diubah setelah komputer di-restart. Sebagai alternatif, Anda dapat memulai komputer di penginstalan Windows XP yang berada di posisi berbeda, dan mengubah partisi boot dari penginstalan Windows XP.
Digg it StumbleUpon del.icio.us

0 komentar:

 
Copyright 2010 ][Sayap-Iblis][
Carbon Of Hacking Editor Template by Mijoe99