Selasa, Januari 05, 2010 Cara menghilangkan rasa bosan saat belajar

Pada prinsipnya, manusia tidak akan bosan bilamana mempelajari sesuatu yang ia senangi. Oleh karena itu, anda harus menemukan 'kesenangan' dalam mempelajari suatu ilmu.


Bila metode pembelajaran yang anda lakukan adalah dengan membaca:

1. sebelum membaca satu buku, berikan waktu 10 menit untuk memandangi sampul buku tersebut (dilarang membuka buku tsb). Usap cover buku pelajaran anda, dan renungkan: "Apa yang dapat diberikan buku ini bagi saya?"

2. buka buku tersebut pada bagian daftar halaman, baca sekilas secara cepat topik2 dan judul2 semua bab dan sub-babnya. Dalam waktu kurang dari 5 menit, Anda paling tidak sudah mendapatkan GAMBARAN tentang isi buku tsb.

3. Tandai dan catat judul2 atau sub bab yang menurut anda 'curious' atau menimbulkan rasa ingin tahu.

4. Baca buku tersebut dari bagian yang paling Anda minati. Ingat! Aktivitas BELAJAR adalah untuk KEPENTINGAN anda sendiri! Carilah informasi yang hanya untuk rasa ingin tahu Anda.

5. Buatlah ringkasan dengan kata2 anda sendiri, apa yang anda dapat dari bagian tersebut.

- Imbangi aktivitas dan metode belajar anda dengan metode lain (selain membaca): eksperimen, jalan2 ke perusahaan atau organisasi yang menerapkan bidang ilmu yang sedang anda pelajari, menonton TV atau membaca majalah, buka internet, main game.
- Anda bebas berkreasi untuk memahami suatu ilmu dengan cara apapun (yang penting anda memahaminya) yang anda sukai.
Digg it StumbleUpon del.icio.us

0 komentar:

 
Copyright 2010 ][Sayap-Iblis][
Carbon Of Hacking Editor Template by Mijoe99